Resume Ngobrol Seru #1

            @ruangngobrol.id merupakan tempat untuk saling menginspirasi satu sama lain melalui obrolan dari para talenta muda, dan saya saya senang sekali bang prasetya dapat memenuhi undangan saya pada acara di Minggu lalu sebagai salah satu narasumber yang tanpa diragukan lagi dalam bidang menulis dan pastinya yang memberikan positive vibes bagi teman teman lulusan D1 PKN STAN yang ditempatkan diberbagai unit eselon I yang sempat “stuck” karena aturan pendidikan dan hal keresahan lainnya yang dirasakan. Kemudian ada Bang Syaikhul yang memberikan cara pandang lain dan benar-benar membuka mata kita bahwa banyak sekali jalan menuju Roma dan tiap manusia mempunyai panggungnya masing-masing.

            Obrolan malam tadi pun terasa berwarna karena teman baik saya pancar priangga menghibur kita semua melalui gerak jemari piano dan suara khasnya, dan diikuti Ndan Bonny (Prodip1 Ang. 2 / Kasi Perbend KPPBC Banjarmasin) yang memberikan opening speech bahwa kita “Jangan takut kita lulusan D1, kita itu sama kayak anak Akuntansi, D3, dan sarjana jadi tetap berikan yang terbaik” serta Ndan Husein (Prodip 3 Akuntansi Ang. 14 / Pfpd BC Soekarno Hatta) yang turut memberikan pengalamannya ketika dulu merasa bahwa semua aturan ini menghambat dirinya, dan kini setelah berada pada posisi “middle-management” menyadari hal itu memang perlu untuk dilakukan oleh seorang pimpinan dan tentunya pimpinan tidak dapat memuaskan seluruh kalangan, tentunya hambatan itu jangan menjadikan diri kita berhenti untuk terus mengejar pendidikan dan berkarya dalam mengabdikan diri pada negara. Tak disangka pula para partcipant berjumlah sampai 56 member hadir dan pada youtube live ada  total 170 viewers dalam kurun 3 jam, dalam hal ini saya mengucapkan banyak terimakasih & apresiasinya.

            Di lingkungan teman-teman Marine Customs, Bang prasetya adalah sosok yang baru dikenal dan pastinya bang syaikhul adalah tokoh senior lama yang sudah melakukan bimbingan kepada junior-junior prodip mulai dari pertama masuk penempatan di Tanjung Balai Karimun sampai kini, hal ini membuktikan beliau dengan senang hati berkenan bergabung bersama @ruangngobrol.id part 1. Pastinya rekan-rekan semua ada yang tidak turut bergabung karena keterbatasan ruang pariticipant zoom, dan atau kesibukan lainnya sehingga tidak menyurutkan saya disini untuk memberikan hasil resume kepada teman-teman yang sempat ketinggalan.

            Insight pengetahuan baru, dapat saya temukan pada narasumber pertama yaitu Bang Pras, yang dalam pembukaanya membacakan sebuah komentar di instagram dari Ndan Asep (Prodip 1 Ang. 2 / Kapang PSO Pantoloan) yang mewajibkan kita sebagai manusia harus bersyukur atas nikmatnya, dan tentunya disautkan flashback kebelakang dengan adanya kita adalah 3% tiap tahunnya yang berhasil lolos dari 100.000-160.000an pendaftar calon mahasiswa PKN STAN dan kini sudah mendapatkan pekerjaan yang mapan, dan kita dimohon untuk dapat melihat kebawah atau rekan sejawatnya yang masih kuliah ataupun sudah lulus tapi belum mendapatkan pekerjaan. Dan pastinya rekan-rekan disini tentu jangan takut bahwa karier kita semua berhenti disini, ketika memulai proses kehidupan apalagi dalam sebuah organisasi yang besar seperti Kemenkeu ini sangat harus diwajibkan untuk upgrade diri sendiri dengan berbagai cara agar dapat diuji dan bersaing mengikuti situasi yang saat terjadi apalagi kini disrupsi ditengah covid.19. Seperti banyak kita ketahui untuk level pimpinan ada fit & proper test, Assesment dan bentuk lainnya, beberapa level pelaksana sudah ada yang diuji melalui psikotes dan asesment tentunya menguji bahwa kita sebagai ASN harus memiliki kompetensi yang tinggi. Cara reguler kita adalah melalui kuliah tugas belajar pada D3 PKN STAN untuk tujuan dalam hal pangkat jabatan dan lainnya, namun apakah kita yang tidak mendapatkan kesempatan untuk belajar?, banyak hal kita dalam belajar diantaranya soft skill yang kini sedang nge trend untuk terus diasah sebagai kompetensi utama dalam menentukan posisi.

            Bang pras banyak sekali memberikan rekomendasi positif untuk kita memulai dan saya ulangi lagi yaitu kata Memulai, kadang kita belajar tapi ga sadar. Nah , sesuai slide pada presentasi kemarin banyak sekali channel melalui Youtube, Udemy, TEDx, LinkeDin, dan instagram. Semua pembelajaran kini sudah banyak sekali ada disana sesuai dengan passion dan kebutuhan kita. Langkah selanjutnya kita akan menjadi pegawai yang banyak ilmu yang bisa diterapkan dengan skill yang patut diuji bersamaan critical thinking yang berjalan seiringnya waktu, jangan sampai hanya menjadi pegawai biasa saja tanpa memiliki insight yang dapat dijualnya. Bakat dan keterampilan semuanya wajib diasah dan membutuhkan usaha untuk mencapai target capaian tersebut, jadi semua itu bisa dimulai dari diri sendiri yang menentukan dan jangan terus menyalahkan kepada dirinya bahwa tidak mampu. Kita sebagai umat manusia wajib percaya kepada allah SWT dan diri sendiri bahwa kita itu bisa.

            Selama 3 tahun 6 bulan berkarier di PSOBCTBK, Bang syaikhul adalah senior tertua dan utama dalam hal bimbingan secara kehidupan lika liku pekerjaan sampai kegiatan lari dan futsal yang selalu digemborkan tiap minggunya, telah banyak membuat prestasi dan kontribusi di pangkalan dimana dapat mengemban tanggung jawab untuk mengelola menjadi bendahara pangkalan kurun waktu 4 tahun yang memiliki aset miliaran rupiah dan menunjukan kinerja positif sampai mendapat penghargaan terbaik kedua dari KPPN Batam menjadi pengelola anggaran terbesar satker terbaik K/Ldi Kepulauan Riau. Hal ini menjadikan terkait skill pekerjaan beliau tidak dapat diragukan dan tentunya abang ini mengayomi kami dengan melakukan obrolan tongkrongan melalui ajakannya atau sebaliknya, dan kini masih saya repotkan untuk hadir mengobrol via zoom meeting walaupun sudah pindah tugas ke kantor BC Gresik. Haha

            Ada bayak sekali pelajaran dari Bang Syaikhul ini melalui diskusi panjang kemarin sampai tidak mengenal waktu, yaitu banyak sekali jalan menuju Roma dan harus mencari jalan kelluar apapun dengan ide kreasi sendiri tanpa meributkan keresahan ke orang lain atau pimpinan, tentunya seiring dengan saran support system dari teman sekitar atau seniornya untuk pengambilan keputusan. Beliau memang tidak berhasil melenggang ke STAN waktu itu untuk tugas belajar, akhirnya dangan cara berkinerja terbaik, berperilaku baik, dan ahli Ms.Office menjadikan pimpinan terheran heran atas kinerjanya dan menjadikan support penuh terhadap kepribadiannya yang menjadikan hasilnya mungkin tebakan saya ini adalah sekarang yang dipetik adalah dapat kembali ke homebase pada Bea Cukai Gresik. Beliau sangat yakin pasti suatu saat nanti ada manfaatnya dari suatu proses kehidupan, dan mencotohkan ketika menjadi pegawai di PSO mengikuti diklat Mindik (adm. Penyidikan) dan kini di BC Gresik baru bermaanfaat setelah menjadi tim penyidik pada Seksi P2 dikantornya, walaupun saat itu beliau merasa ini ilmu apa? Ga guna atau relate dengan pekerjaan saya saat ini, tapi sesuai hasil diklat tersebut yang menyita waktu dapat terbukti saat ini, hal ini senada dengan menjawab pertanyaan yang menemukan passion dari riska bella dan rifka dengan enteng menjawab harus upgrade diri itu pasti tapi sesuai dengan relalita dan harus diciptakan.

            Berikut adalah hasil resume yang berhasil saya coba torehkan dalam tulisan agar tetap diingat, see u next week di obrolan part 2. 😊

Karimun, 28 Juni 2020 (@agungwidodo24)

Diterbitkan oleh ruangngobrol.id

Pegawai biasa biasa saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: